Rabu, 07 Desember 2016

Manfaat Buah Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Untuk Ibu Hamil

Penelitian menunjukan, ada beberapa buah untuk ibu hamil yang wajib diketahui manfaatnya, karena buah-buah tersebut akan sangat membantu asupan nutrisi penting khusus bagi ibu hamil dan bayi yang sedang dikandungnya.

Mempertahankan nutrisi yang tepat selama kehamilan adalah sangat penting untuk dilakukan bagi seorang ibu hamil, tidak hanya untuk kesehatan ibu tetapi juga untuk kesehatan sang bayi yang sedang berada dalam kandungan.
Selain makanan olahan, memasukkan buah dalam daftar menu makanan anda selama kehamilan adalah cara yang tepat untuk meningkatkan asupan gizi anda sebagai ibu hamil. Manfaat buah untuk ibu hamil sangat lah besar, selain untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil, buah juga membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi anda. Para ahli telah merekomendasikan bahwa wanita hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi beberapa buah setiap hari nya, hal ini dapat mencakup buah-buahan segar serta jus buah segar.

Buah Yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Nah, berikut ini dijelaskan tentang buah-buahan apa saja yang wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yang digolongkan kedalam 4 jenis berdasarkan kandungan nutrisinya, diantaranya:

Buah Yang Mengandung Fiber (Serat)
Banyak ibu hamil mengalami sembelit selama kehamilan, yang dapat membuat para ibu hamil merasakan kembung dan tidak nyaman. Dengan mengkonsumsi buah yang mengandung serat dalam diet hamil anda, maka dapat membantu menjaga gerakan usus yang teratur. Diet tinggi serat juga dapat membantu mengurangi risiko anda terkena wasir, yang umum terjadi selama kehamilan. Buah apel, pir, dan pisang adalah sumber yang sangat baik dari serat makanan,  kemudian buah kiwi dan jeruk juga merupakan sumber serat yang baik. Jadi, anda bisa mengkonsumsi salah satu dari buah tersebut untuk menu makanan tambahan anda setiap harinya. Ketika meningkatkan asupan serat, juga pastikan untuk minum cukup cairan.

Buah Yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C sangat berlimpah di banyak buah-buahan yang sering kita temui seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, melon, grapefruit, stroberi, buah kiwi, delima,dll. Mendapatkan jumlah asupan vitamin C yang cukup, akan membantu tubuh anda menyerap zat besi, yang merupakan mineral kunci selama  masa kehamilan. Untuk itu, pertahankan agar lemari es anda penuh dengan buah-buahan yang bermanfaat, khususnya buah-buahan yang kaya vitamin C sehingga Anda dapat dengan mudah memasukkan mereka ke dalam menu makanan harian anda atau sebagai makanan camilan. Pertimbangkan untuk selalu menambahkan stroberi untuk sereal dan oatmeal di pagi hari, serta jeruk dan melon untuk salad dan lauk untuk makan siang dan makan malam anda.

Buah Yang Mengandung Asam Folat
Mengkonsumsi asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan sangat lah penting, karena dapat membantu mencegah cacat lahir utama dari otak bayi dan sumsum tulang belakang. Disarankan bahwa wanita hamil harus mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari, dan akan lebih baik jika wanita sudah mengkonsumsi asam folat sejumlah ini untuk setidaknya satu bulan sebelum mencoba untuk hamil dan kemudian juga selama kehamilan secara terus menerus. Buah yang mengandung asam folat seperti jeruk, nanas, alpukat dan pepaya adalah cara yang bagus untuk menambahkan asam folat untuk diet sehat anda selama hamil. Sangat baik juga jika dikonsumsi dalam bentuk jus.

Buah Yang Mengandung Kalium
Anda mungkin mengalami kram kaki selama kehamilan. Ini adalah gejala umum dari kehamilan yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi cukup kalium dalam diet sehat anda selama kehamilan. Kalium juga sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel-sel tubuh Anda. Pisang adalah buah yang paling populer dan sumber kalium yang baik. Ada juga buah kiwi, ceri, persik, semangka dan anggur juga mengandung nutrisi penting ini.

Demikian pengetahuan tentang manfaat buah untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Begitu banyak manfaat dari mengkonsumsi buah, untuk itu jangan pernah malas dalam mengkonsumsi buah-buahan jika anda ingin mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar